Banner Iklan

INFORMASI LENGKAP TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Rate this posting:
{[['']]}

Informasi Lengkap Taman Mini Indonesia Indah


Wisata Jakarta Blog - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Di Jakarta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dengan areal seluas 1,5 kilometer persegi, Selain dapat menyaksikan berbagai miniatur rumah adat, seni budaya dari 34 Provinsi Di Indonesia, Anda juga dapat menyaksikan berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti Kereta Gantung, Berbagai Museum, Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku serta berbagai hiburan rakyat menjadikan Taman Mini Indonesia Indah menjadi kawasan Wisata Paling Populer Di Jakarta.  

Informasi Lengkap Taman Mini Indonesia Indah

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah yang berlokasi di Jakarta Timur ini dicetuskan pertama kalinya oleh Ibu Negara Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Suharto. Tempat ini dibangun dengan tujuan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia. 

Berikut Informasi Lengkap fasilitas yang dapat Anda nikmati di Taman Mini Indonesia Indah saat Anda berlibur bersama teman atau keluarga.

Museum Di TMII
  • Museum Minyak Dan Gas Bumi
  • Museum Transportasi
  • Museum Indonesia Komodo
  • Museum Listrik Dan Energi Baru
  • Museum Telekomunikasi
  • Museum Penerangan
  • Museum Bay'at Alqur'an
  • Museum Keprajuritan
  • Museum Serangga
  • Museum Asmat
  • Museum Olahraga
  • Museum Timor Timur
  • Museum Purna Bhakti Pertiwi
  • Museum Perangkao
  • Museum Pusaka
  • Museum Indonesia


Tempat Ibadah Di TMII
  • Masjid Pangeran Diponegoro
  • Gereja Kristen Protestan Haleluya
  • Gereja Katolik Santa Catharina
  • Wihara Arya Dwipa Arama
  • Klenteng Kong Miao
  • Sasono Adiroso Pangeran Sambernyowo
  • Pura Penataran Agung Kertabhunu

Unit Flora Dan Fauna Taman Mini Indonesia Indah
  • Taman Reptilia
  • Taman Budaya Tionghoa
  • Taman Kupu
  • Taman Dunia Air Tawar
  • Taman Bekisar
  • Taman Burung
  • Taman Melati
  • Taman Bubga Keong Emas
  • Taman Persahabatan Negara Non Blok
  • Taman Apotik Hidup
  • Taman Manasik Haji
  • Taman Kaktus
Taman Reptilia

Taman Reptilia


Di Taman Reptilia Taman Mini Indonesia Indah Anda dapat mengenali satu persatu satwa unik seperti berbagai koleksi ular dari seluruh wilayah Indonesia yang tersimpan di kandang kaca, Buaya, Kura-kura Moncong Babi asal Papua, Kura-kura Leher Ular serta Buaya Sumpit asal Sumatera, Penyu, Iguana, Biawak, Kadal, Katak hingga hewan Komodo.

Untuk lebih menarik para pengunjung, Taman ini juga menyediakan sarana "Taman Sentuh" yaitu sebuah wahana interaktif yang bertujuan mendekatkan pengunjung dengan satwa. Di wahana ini pengunjung bebas memegang atau berfoto bersama atau bahkan bercengkrama dengan ular sanca besar. 


Taman Budaya Tionghoa

Taman Budaya Tionghoa

Taman Budaya Tionghoa merupakan taman yang dibangun dengan konsep bernuansa khas etnik Tionghoa. Taman ini berada di sisi timur yang diapit Wahana Pemancingan Telaga Mina dan Museum Perangko.

Dengan adanya Taman Budaya Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indah ini diharapkan akan menjadi daya tarik sekaligus sebagai salah satu wahana yang dapat memperlihatkan kepada Wisatawan Mancanegara bahwa Suku Tionghoa sejarah dan budayanya merupakan bagian dari intergral dalam sejarah dan budaya bangsa Indonesia. 

Di taman ini juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa lengkap dengan segala pernak-pernik didalamnya seperti Kampung Pencinaan, Sepasang Tiang Naga, Patung Dewi Bulan, Patung Kwan Kong, Jembatan Batu Sampek Eng Tay dan juga Museum Laksamana Ceng Ho. 

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu

Taman Kupu-Kupu adalah suatu taman yang memiliki konsep mengetengahkan taman berbunga yang sering dikunjungi oleh kupu-kupu. Taman ini berada pada kawasan Museum Serangga. Di Taman Kupu-Kupu, Anda dapat menyaksikan keberadaan 20 bunga yang sering didatangi oleh kupu-kupu sehingga Anda dapat melihat secara langsung pesona kupu-kupu dari berbagai jenis  terbang kesana kemari untuk menghisap madu dari setiap bunga yang tumbuh mekar. 

Taman Dunia Air Tawar

Taman Dunia Air Tawar

Taman Dunia Air Tawar adalah tempat rekreasi yang menyajikan peragaan koleksinya bertemakan "Indonesia Dan Dunia Air Tawar" yang berisi keragaman hayati air tawar dengan menyajikan simulasi dan replika ekosistim dan lahan basah dengan berbagai bentuk akuarium yang menjadi sarana rekreasi , pendidikan, penelitiankonservasi alam dan juga atraksi.

Beberapa koleksi dari Dunia Air Tawar Asli Indonesia tersebut antara lain Arwana atau Siluk (Scleropages Formosus), Hiu Gergaji (Pristis Microdon), Tapah (Wallago Leeri), Ikan Sumpit, Ikan Buntal yang dapat mengelembung seperti balon dan lain-lain. Serta berbagai jenis Ikan Air Tawar lainnya yang ada di dunia seperti Arapaima (Arapaima Gigas), Piranha (Serrasaimus), Ikan Buta, Ikan Kupu-kupu, Ikan Chines High Fin (Myxocyprinus Asiaticus Asiaticus) dari Sungai Yangtze China serta kelompok ikan kecil lainnya seperti Guppy, Molly dan Platy.  

Taman Bekisar

Taman Bekisar

Taman Bekisar adalah taman rekreasi yang di dalamnya terdapat berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan Ayam Bekisar. termasuk pembudidayaan Ayam Hutan sebagai sumber budidaya Ayam Bekisar.   

Taman Burung

Taman Burung

Taman Burung TMII terletak dibagian belakang atau timur dari Kawasan Rekreasi Taman Mini Indonesia Indah yang berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas "Graha Wydia Patra". Taman seluas 6 hektar ini berisi koleksi burung-burung asli Indonesia sepereti Burung Beo, Burung Merak, Burung Dara Mahkota, Burung Nuri, Burung Maleo, Burung Cendrawasih, Burung Kasuari, Burung Elang dan lain sebagainya.

Taman Burung ini berfungsi juga sebagai Loka-Bina masyarakat pecinta burung sehingga taman ini sering dijadikan ajang lomba burung, lomba bagi anak-anak dan siswa untul lebih mengenal burung serta tempat penelitian bagi para mahasiswa. 

Taman Melati TMII

 Taman Melati TMII

Pada awalnya Taman Melati TMII adalah sebuah kebun pembibitan aneka bunga, khususnya Bunga Melati dan bunga lainnya yang banyak digunakan untuk merangkai bunga. Atas prakarsa Ibu Tien Soeharto bersamaan dengan penetapan melati (Jasminum Sambac) sebagai Bunga Nasional (Puspa Bangsa) maka pada tahun 1994, kebun pembibitan ini berubah menjadi Taman Melati.

Taman seluas 2.226 meter persegi ini banyak mengoleksi dan membudidayakan aneka macam melati dan beberapa tanaman hias lainnya.  

Taman Bunga Keong Emas  

Taman Bunga Keong Emas


Taman Bunga Keong Emas (TBKE) adalah Objek Wisata Taman yang menampilkan pesona bunga dan tanaman hias yang indah, asri dan nyaman sekaligus sebagai sumber ilmu pengetahuan dunia Flora Indonesia. 

Taman seluas 7 hektar ini terletak di belakang Teater IMAX Keong Emas yang diresmikan oleh mantan Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1986. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai informasi tentang arsitektur lansekap dalam bentuk percontohan susunan tanaman hias. khususnya tanaman berbubga yang berfungsi sebagai bagian dari taman perkotaan. Di samping itu Taman Bunga Keong Emas dilengkapi dengan sarana prasarana yang dapat menunjang pendidikan dan penelitian tumbuh-tumbuhan.  

Monumen Persahabatan Negara Non Blok

Monumen Persahabatan Negara Non Blok


Monumen Persahabatan Negara Non Blok adalah sebuah monumen yang diresmikan oleh mantan Presiden Soeharto pada tanggal 1 September 1992 untuk mengenang semangat yang terkandung dalam Konferensi Tingkat Tinggi Ke-X Gerakan Non Blok. Di dalam monumen ini ditanam 106 pohon persahabatan dan berbagai jenis pohon yang dikenal di negara asal penanamnya.

Monumen Persahabatan Negara Non Blok ini berbentuk bola dunia yang disangga oleh air mancur dengan lima ekor burung merpati ditengahnya yang melambangkan kebersamaan, perdamaian dan semangat negara-negara non blok dalam melaksanakan prinsip-prinsip dasar visi dan misi gerakan keinginan untuk memelihara perdamaian dunia yang dilambangkan dengan taman yang menyerupai mata yang mengacu pada semangat kehidupan.  

Taman Apotik Hidup

Taman Apotik Hidup


Taman Apotik Hidup adalah taman yang menampilkan koleksi berupa tanaman yang berkhasiat sebagai pengobatan. Taman seluas 6.000 meter persegi ini memiliki koleksi sekitar 400 jenis tanaman obat asli Indonesia seperti Kayu Rapet (Parameria Barbata Schum), Kedawung (Parkia Biglobosa Auct) serta Kunyit, Jah, Kumis Kucing dan lain sebagainya.  

Taman Kaktus 

Taman Kaktus


Taman Kaktus adalah tanaman yang dilengkapi dengan Bangunan Rumah Kaca berbentuk dan beratap bulat menyerupai Tanaman Kaktus. Taman ini menyajikan berbagai jenis Kaktus dan Sukulen dari dalam dan luar negeri yang terutama banyak di datangkan dari Belgia dan Jepang. Sementara Kaktus dari dalam negeri kebanyakan berasal dari Bandung.

Taman Kaktus mulai dibangun pada 21 Februari 1977, Kemudian pada tahun 1979 atas prakarsa alm. Ibu Tien Soeharto dibangun Rumah Kaktus untuk pembudidayaan Kaktus dan dibuka secara resmi oleh mantan Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1980. Di taman ini terdapat sekitar 32 jenis Kaktus yang ditanam sesuai tatanan habitat aslinya yang menggambarkan keanekaragaman Flora Indonesia.    

Wahana Rekreasi TMII

Titihan Samirono Kereta Aeromovel

Kereta Aeromovel

Kereta "Aeromovel" adalah kereta yang berjalan dengan tenaga angin (Jawa: Samirono) diatas jalan layang setinggi 6 meter dari permukaan tanah serta panjang 3,2 kilometer. Kereta ini juga disebut Titihan Samirono yang memiliki kecepatan 15-20 kilometer per jam sehingga Anda memiliki waktu yang lebih lama, nyaman dan aman menikmati pemandangan panorama Taman Mini Indonesia Indah.

Balon Raksasa



Balon Raksasa

Di Taman Mini Indonesia Indah Anda juga dapat melihat dan menyaksikan  Balon Raksasa yang merupakan Balon Raksasa Tertinggi dan Terbesar Di Indonesia.

Theater4 Dimensi

Theater 4 Dimensi


Di Taman Mini Indonesia Indah, Anda juga diajak untuk menonton di Bioskop 4 Dimensi yang tentunya lebih asyik dan seru jika dibandingkan jika Anda memonton di bioskop biasa. Di sini Anda tidak saja menyaksikan gambar yang menarik, tetapi gambar-gambar tersebut seakan-akan datang dan ingin menyentuh Anda.

Pemancingan Telaga Mina

Pemancingan Telaga Mina


Pemancingan Telaga Mina adalah kolam ikan yang dapat dijadikan tempat memancing bagi Anda yang gemar memancing saat mengisi waktu luang. Kolam ini terletak dibagian belakang atau sisi timur TMII atau berada diantara Museum Listrik dan Energi dan Taman Budaya Tionghoa. 

Kolam seluas 1.000 meter persegi ini merupakan kolam pemancingan terluas di Jakarta. Dengan pengaturan tata tamannya yang asri dan teduh, Pemancingan Telaga Mina merupakan kolam pemancingan yang ideal sekaligus nyaman bagi Anda Maniak Mancing yang bukan saja dapat menyalurkan hobi Anda tetapi juga dapat melakukan kegiatan olahraga, olah rasa dan rekreasi yang cukup menyenangkan bersama keluarga.  

Istana Anak-Anak Indonesia

Istana Anak-anak Indonesia


Istana Anak-Anak Indonesia (IAAI) adalah bangunan berbentuk istana yang mirip dengan sebuah dongeng Cinderella. Istana ini dapat menjadi tempat belajar dan bermain bagi anak-anak.  

Teater IMAX Keong Emas 

Teater IMAX Keong Emas

Teater IMAX Keong Emas adalah gedung teater berbentuk Keong Emas Raksasa tempat pemutaran dan pertunjukkan film khusus berteknologi canggih. Gedung teater ini didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto dan diresmikan pada pada tanggal 20 April 1984. Pendirian gedung ini dimaksudkan sebagai tempat rekreasi yang mendidik guna mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tayangan Film Raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem proyektor IMAX. 

Kereta Gantung TMII

Kereta Gantung TMII

Sebagai sarana untuk melengkapi sarana angkutan yang yang telah ada untuk mengelilingi Objek Wisata TMII, Anda dapat menikmati keindahan panorama tempat wisata TMII ini dari atas dengan menggunakan sarana angkutan kereta gantung.

Kereta Gantung (Skylift) adalah perintis kendaraan untuk objek wisata di Indonesia. Kereta Gantung ini memiliki Stasiun A, B dan C lintasan Stasiun A ke Stasiun B dan begitu juga sebaliknya. Stasiun berada di sebelah timur lapangan parkir selatan di kawasan desa seni dan kerajinan, Stasiun B terletak di seberang Anjungan Papuadan dekat dengan Taman Burung sementara Stasiun C berada disebelah utara lapangan parkir utara atau dekat Snowbay Waterpark. 
 
Pusat Peragaan IPTEK

Pusat Peragaan IPTEK

Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah tempat wisata sekaligus tempat pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. 

Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark adalah sarana yang dirancang secara khusus sebagai taman rekreasi pertualangan berkelas dunia. Dengan konsep pegunungan bersalju akan memberikan rasa nyaman dan menyenangkan sehingga menjadi tempat wisata favorit bagi Anda dan keluarga

Taman seluas 3 hektar yang dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pada tanggal 19 April 2009 ini dirancang dengan pemandangan berciri pertualangan. Snowbay Waterpark pastinya akan membuat Anda penasaran dan terkesima. Selain suasana salju yang menghadirkan kesan eksotis, di tempat ini juga menghadirkan dua atraksi baru yakni Hurricane dan Flush Blow serta kedahsyatan-kedahsyatan lainnya seperti kolam ombak setinggi 3 meter, kolam arus atau Typtoon River yang merupakan yang terpanjang di Indonesia.

Di Snowbay Waterpark, Anda juga akan diajak mengelilingi perjalanan sungai sepanjang 360 meter dengan melewati ekstream river, vortex, cave dan lazy river dan tak ketinggalan juga Boombaster, sebuah ember berukuran raksasa yang dapat menampung hingga 2 ton air yang kemudian akan mengguyur pengunjung dibawahnya sekitar 15 menit sekali serta Cool Running, sebuah seluncuran kembar pertama di Indonesia dengan kecepatan 50 kilomete per jam.   

Untuk memberi rasa nyaman dan tenang bagi para pengunjung, Taman Mini Indonesia Indah juga difasilitasi dengan berbagai sarana pendukung lainnya seperti :

Hotel Dan Resto
  • Desa Wisata Hostel
  • Graha Wisata Remaja
  • Puri Caping Gunung
  • Pondok Pecel Madiun
Art Shop & Gallery
  • Desa Seni Kerajinan
  • Sasana Kriya
  • Pasar Buku Langka
Lease Of
  • Sasono Utomo
  • Sasono Langen Budoyo
  • Sasono Adi Guno
  • Theater Tanah Airku
  • Theater Bhineka Tunggal Ika
Public Transportasion
  • Perahu Angsa
  • Mobil Keliling
  • Bus Keliling
  • Motor Listrik
  • Sepeda Wisata
 Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah
Tiket Masuk TMII
  
  
Nah itulah Informasi Lengkap Taman Mini Indonesia Indah yang dimaksudkan sebagai bahan panduan saat Anda berlibur di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.


sumber:  Taman Mini Indonesia Indah Website

        

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di wisatajakarta.blogspot.com

BACA JUGA LAINNYA:

9 Responses to "INFORMASI LENGKAP TAMAN MINI INDONESIA INDAH"

  1. Lengkap infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. [size=small]SELAMAT DATANG DI AGEN
    [url=http://www.sarana365.com]SARANA365[/url] -
    SARANA365 adalah Agen Piala Eropa dan agen bola
    terpercaya untuk judi dan taruhan bola online dengan harga
    pasaran terbaik.
    [/size]

    [URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i63.tinypic.com/33m07sl.jpg[/IMG][/url]

    [size=small]KAMI MEMANG BUKAN YANG TERBESAR TAPI KAMI BISA DIPERCAYA !!!

    Cukup dengan 1 id kamu bisa bermain untuk 6 jenis
    permainan yaitu : sport, casino, poker, togel, tangkas dan
    keno.
    Dapatkan juga bonus dan promo menarik dari kami yang
    antara lain :
    [/size]

    [URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i65.tinypic.com/2mhygrm.jpg[/IMG][/url]

    Freechip Rp 5.000.- setiap hari
    Cashback s/d 15 % (sport dan tangkas)
    Cashback 3% (Casino)
    Komisi Rollingan Casino 0.8%
    Discount Full Togel (2d = 29.5% , 3d = 59.5% , 4d = 66%)

    Support Bank Lokal BCA, BNI, BRI, Danamon & Mandiri.
    Kami prioritaskan kenyamanan & membantu memberikan
    yang terbaik bagi member kami.
    Info lebih jelas, hubungi kami melalui :

    Livechat [url=http://www.sarana365.com]WWW.SARANA365.COM[/url]
    Pin BB : 2BE38B68
    Whatsapp : +6281269419478
    Line : cs.sarana365

    So tunggu apa lagi ? Segera bergabung bersama kami di
    [url=http://www.saranaplay.com]SARANA365[/url] dan
    jangan lupa ajak juga teman-temanmu karena kami juga
    memberikan bonus referral spesial...
    KAMI ONLINE 24 JAM

    [URL=http://www.sarana365.com][IMG]http://i67.tinypic.com/vh9ez8.jpg[/IMG][/url]

    [URL=http://www.sarana365.com]Agen Bola Online[/URL]
    [URL=http://www.sarana365.com]Casino Online[/URL]
    [URL=http://www.sarana365.com]Judi Online[/URL]
    [URL=http://www.sarana365.com]Agen Togel[/URL]
    [URL=http://www.sarana365.com]Bandar Bola[/URL]

    BalasHapus
  3. AYO BERGABUNG DI WWW.KAPALJUDI. NET
    HOT PROMO

    Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
    Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
    Bonus Rollingan Casino 0.8%

    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
    Kombinasi = 5%
    Shio = 12%
    Colok Angka (1A) = 5%
    Colok Macau (2A) = 15%
    Colok Naga (3A) = 15%
    Colok Jitu = 8%

    BalasHapus
  4. Terima kasih ya infonya sangat membantu,
    share sedikit Zinc oxide indonesia

    BalasHapus
  5. Numpang ya min ^_^
    Ingin cari penghasilan sampingan yang tidak ribet, praktis dan efisien? Kenaripoker,XYZ tempatnya ^_^ Hanya modal deposit 15ribu Rupiah kamu sudah mendapatkan kesempatan membawa pulang puluhan bahkan ratusan juta rupiah! Buruan gabung di kenaripoker,xyz sekarang juga

    WHATSAPP : +855964983801
    LIVE CHAT :
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER,XYZ

    BalasHapus
  6. daythammynet
    Class College Education training Beauty teaching university academy lesson  teacher master student  spa manager  skin care learn eyelash extensions tattoo spray

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas Informasinya
    Sangat berguna untuk menambah daftar Wisata yang patut dikunjungi

    BalasHapus

Berkomentarlah Sesuai Isi Postingan Dan Tidak Mengandung Sara serta Pornografi